Saturday 23 November 2019

Wadung Sombro

Shobat khoir yang dirahmati Alloh ... Sebagian anda mungkin sudah mengenal apalagi bagi anda berprofesi tukang kayu ...
Wadung adalah sejenis alat pertukangan yang menyerupai petel namun tidak memiliki kolong (lobang untuk tempat pegangan) namun bagian pangkal dibuat lancip untuk ditancapkan kepegangannya seperti sabit, namun bentuk pegangannya berbeda dengan sabit.
Foto Wadung Sombro by Kang ono

Berdasarkan penuturan sesepuh bahwa wadung yang terkenal dimasanya adalah wadung suro dan wadung sombro, kedua jenis wadung ini lebih cenderung ke pusaka daripada alat pertukangan karena memiliki yoni (aura).
Dinamakan wadung suro dan wadung sombro karena dinisbatkan pada sang pembuat yaitu Ki Suro dan Nyai Sombro.
Konon Ki Suro dan Nyai Sombro adalah saudara kakak beradik perempuan, sedangkan Ki Suro sendiri adalah murid Sunan Kalijogo
Awalnya Ki Suro ahli dalam membuat peralatan pertanian termasuk alat pertukangan yang biasa disebut pande (jawa) atau penempa dan salah satu karyanya adalah wadung, sedangkan Nyai Sombro sebagai tim marketing atau yang menjajakan wadung buatan Ki Suro secara berkeliling menelusuri sepanjang jalan, namun suatu hari Nyai Sombro tak mampu menjualkan wadung buatan sang kakak, sehingga Ki Suro marah-marah pada Nyai Sombro yang tak berhasil menjualkan.
Akibat kena marah sang kakak, Nyai Sombro menangis dan meratapinya sepanjang jalan sambil menjajakan wadung. Untuk mengobati sakit hati, Nyai Sombro berinisiatif membeli bahan dan membuat wadung, dengan memohon pertolongan Alloh SWT, wadung berhasil dibuat sambil menjajakan dagangan berjalan menelusuri jalan dengan cara memijit-mijit (tidak ditempa), beliau juga memberi lobang ditengah wadung agar mudah membawanya sehingga terlihat seperti penjual ikan dengan cara direntengi (di ikat menjadi satu).
Sehingga untuk membedakan wadung suro dengan wadung sombro adalah terletak pada lobang di bagian tengah wadung sombro. Demikian wadung sombro semoga bermanfaat bagi shobat ...

No comments:

Post a Comment