Friday 3 June 2016

Cara mengatasi biang keringat pada bayi


Shobat khoir ..., khususnya mama-mama muslimah .., kali ini kami posting cara mengatasi biang keringat pada bayi, semoga bermanfat bagi mama yang sedang mengasuh bayi, atau babysiter. Bagaimamapun bayi adalah harta yang tak ternilai harganya, apa lagi masih balita ... sangat menggemaskan ya-mam, makanya jangan sampai buah hati yang masih imut ini menderita gatal-gatal karena biang keringat ya-mam.
Biang keringat adalah gangguan pada kulit bayi yang bentuknya seperti bintil kecil-kecil berisi air, berwarna merah, dan tersebar diarea kulit bayi yang lembab, banyak keringat, serta tertutup seperti dahi, leher, punggung, lipatan paha, ketiak. Biang keringat ini terasa panas dan gatal, maka bayi akan rewel kalau sudah terkena biang keringar.

Diantara penyebab biang  keringat yang perlu diketahui ya-mam, yaitu:
1.       Umumnya biang keringat muncul karena suhu bayi panas sebab batuk pilek. Hal ini menyebabkan bayi banyak keluar keringat sehingga kulitnya lembab ya-mam.
2.       Cuaca yang tak bersahabat, biasanya hal ini terjadi saat musim pancaroba ya-mam.
3.       Keringat bayi berlebihan, sebenarnya ini adalah hal biasa ya-mam, apa lagi bayi kita lagi aktif bergerak.
4.       Ruang bayi yang panas. Biasanya ya-mam ini terjadi bila rung bayi kurang sirkulasi udara.
5.       Baju bayi, biasanya baju yang tebal dan tidak menyerap keringat ya-mam.
6.       Susah buang air besar. Sebenarnya ini bukan penyebab utama biang keringat bayi ya-mam, tapi bila bayi sudah terkena biang keringat dan sedang susah BAB maka biang keringat tambah menjadi-jadi, ini cuma pengalaman aja ya-mam. Benar gaknya Allahu a'lam.

Setelah mama mengenali keluhan pada bayi, coba ... apa yang mama lakukan ke bayi? ... Karena setiap musibah itu akibat dari kesalahan sendiri ya-mam, seperti dalam Surah Ash-Shura, Ayat 30:
وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ
Artinya: "Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)."
Jika bayi kita mengalami biang keringat maka kita harus segera mengatasinya ya-mam, apa gak kasian ... pasti sang bayi merasa gatal-gatal ...

Berikut ini cara mengatasi biang keringat pada bayi mama:
Membaca basmalah dulu ya-mam sebelum berusaha, semoga mendapat kamudahan dari Alloh.
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
1.       Niat mengharap ridlo Alloh, semoga diberi kemudahan dan kesembuhan, amiin.
2.       Bila biang keringat disebabkan panas, batuk pilek, sembuh kan juga ya-mam ... panas, batuk pileknya.
3.       Bila cuaca tak menentu (panas) segera beri kenyamanan pada bayi dengan mengipasinya ya -mam.
4.       Pindah keruang yang cukup sirkulasi udaranya ya-mam.
5.       Kenakan baju yang dapat menyerap keringat atau kenakan kaos dalam aja ya-mam. Biar gak gampang berkeringat.
6.       Beri bedak tabur atau salisyl pada bagian terkena biang keringat atau bagian yang rawan terkena biang keringat ya-mam. Bisa dicampur air ya-mam agar menempel.
7.       Bila sedang susah BAB atau sembelit, segera di atasi ya-mam, in-sya-Alloh cepat sembuh biang keringatnya ya-mam.
Jangan lupa berdo'a ya-mam pada Alloh dan serahkan semua padaNya, semoga Alloh mengabulkan do'a dan memberi kesembuhan, amiin.
Bila bermanfaat silahkan beri komentar …

No comments:

Post a Comment