Thursday 26 May 2016

Cara mengatasi sembelit pada bayi

Shobat khoir ..., khusunya mama muslimah ... yang sedang mengasuh bayi atau babysiter. Saat ini mungkin anak bayi mama mengalami kesulitan buang air besar atau sudah beberapa hari kok belum BAB.  Mungkin itu sembelit pada bayi atau dalam istilah medis dikenal dengan konstipasi ya-mam.
Sedang penanganannya pun berbeda ya-mam dengan orang dewasa, karena pencernaan bayi masih lemah. Maka perlu diperhatikan aspek keamanannya ya-mam yakni lebih menggunakan penanganan secara alami atau herbal.
Sebelumnya apa benar bayi mama sedang mengalami sembelit? ... Maka cermati beberapa ciri-ciri dan tanda sembelit pada bayi mama, sebagai berikut:
1.      Buang air besar lebih jarang dari biasanya, apa lagi jika bayi tidak buang air besar selama tiga hari atau lebih.
2.      BAB dengan tinja Keras, kering yang sulit dikeluarkan, bayi mama terlihat kesulitan saat buang air besar yang ditandai dengan mengedan kuat, badan sampai melengking, bahkan disertai dengan tangisan.
Setelah mama mengenali keluhan pada bayi, coba ... apa yang mama suapin ke bayi? ... Karena setiap musibah itu akibat dari kesalahan sendiri ya-mam, seperti dalam Surah Ash-Shura, Ayat 30:
وَمَا أَصَابَكُم مِّن مُّصِيبَةٍ فَبِمَا كَسَبَتْ أَيْدِيكُمْ وَيَعْفُو عَن كَثِيرٍ
Artinya: “Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)”
Sebaiknya mama banyak-banyak istigh far, mohon ampun pada Alloh SWT. atas kesalahan dan ketledoran mama. Semoga dengan istighfar tadi, mama diberi kemudahan dalam usaha berobat. Amiin. Mungkin ini penyebabnya sembelit ya-mam:
1.      Memberi makanan padat. Maka jangan heran jika bayi mama menjadi sembelit karena makan makanan yang lebih padat. Ini terjadi karena nasi rendah serat, biasanya ya-mam karena makanan pertama yang diberikan pada masa transisi.
2.      Mama mau menyapih bayi dari ASI yang kadang menyebabkan dehidrasi sistem pencernaan dengan menyerap cairan lebih banyak, akibatnya tinja menjadi kering dan keras sehingga susah dikeluarkan.
3.      Memberi susu Formula. Bila bayi mama baru minum susu formula dan kemudian mengalami sembelit, itu mungkin ada sesuatu dalam formula yang membuatnya sembelit. Biasanya disebabkan oleh komponen protein dalam formula yang berbeda dan menyebabkan sembelit ya-mam. Tanyakan saja pada dokter tentang beralih ke merek lain.
4.      Penyakit atau kondisi medis.Meskipun jarang ya-mam, sembelit dapat disebabkan oleh penyakit seperti hipotiroidisme, botulisme, dan alergi makanan tertentu serta gangguan metabolisme. Lebih baik konsultasi dokter aja ya-mam ... biar jelas.
5.      Perut kembung, ini terjadi karena masuk  angin ya-mam, bisa juga menjadi susah BABnya.
Apa yang bisa dilakukan mama untuk mengatasi sembelit pada bayi? Berikut ini mam cara herbal mengatasi bayi sembelit:

1.      Baca basmalah dulu ya-mam sebelumnya:
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيمِ
Niat mengharap ridlo Alloh semoga diberi kemudahan serta kesembuhan, amiin.
2.      Latihan Fisik. Jika bayi sudah bisa berjalan, bimbinglah dia agar lebih aktif melakukannya ya-mam. Jika tidak mau merangkak lagi, cobalah menggerakkan kakinya seolah seperti gerakan mengayuh sepeda. Lakukan saat anak berbaring telentang.
3.      Pijat perut. Ukurlah sekitar tiga jari di bawah pusar di sisi kiri bawah perut. Lakukan tekanan lembut tapi tegas pada daerah itu dengan ujung jari. Tekan perlahan sampai mama merasakan adanya massa. Menjaga tekanan lembut tapi konstan selama sekitar tiga menit. Jangan tekan terlalu kuat ya-mam!
4.      Tambahkan jus buah sedikit ke dalam susu formula jika bayi  berusia minimal 4 bulan. Sebenarnya belum boleh mam, tapi kalau sedikit tidak apa-apa untuk membantu meringankan sembelit. (Cobalah jus apel atau jus pir).
5.      Beri minum yang cukup. Pastikan anak mama mendapatkan cairan yang cukup, baik melalui susu formula atau ASI dan air putih.
6.      Jika anak sudah makan berbagai jenis makanan padat, kurangi makanan yang berpotensi menyebabkan sembelit ya-mam, seperti nasi keras, pisang, buah salak, dan wortel yang dimasak. Cobalah memberinya beberapa sendok bubur pepaya atau pir untuk membantu melancarkan buang air besar nya.
7.      Jika bayi mama saat BAB pada fase keras, biasanya disertai dengan keluarnya sedikit darah atau bahkan terjadi lecet pada kulit halus dekat pembukaan anus nya, Anda dapat menerapkan lotion lidah buaya ke daerah itu untuk membantu mempercepat penyembuhan, dan selalu jaga daerah tersebut agar tetap bersih dan kering.
8.      Minumkan jamu herbal ya-mam, ini buat sendiri, bahannya; kunyit 3 jari, kencur 3 tongkol, madu satu sendok. Cara membuatnya: kunyit dibakar, kemudian dikupas kulitnya, kencur juga dikupas kulitnya, keduanya haluskan. Kemudian beri air mendidih 100 ml, peras dan masukkan dalam gelas, tuangkan madu satu sendok, aduk hingga merata. Diamkan sehingga mengendap dan dingin. Cara penyajian ambil extraknya saja ya-mam ... jangan diaduk lagi, minumkan 3 sendok teh pagi, 3 sendok teh siang, 3 sendok teh sore. Bila masih banyak mama minum saja ya ...
9.      Konsultasikan ke dokter jika bayi tidak kunjung BAB.
Jangan lupa berdo'a ya-mam pada Alloh dan serahkan semua padaNya, semoga Alloh mengabulkan do'a dan memberi kesembuhan, amiin.
Bila bermanfaat silahkan beri komentar …

No comments:

Post a Comment