Saturday 30 November 2019

Tip mencegah batuk

Shobat khoir..., batuk adalah upaya atau reaksi penolakan bagian tenggorokan yang disebabkan oleh virus atau sejenisnya akibat debu, asap atau kontak dari penderita lain yang menimbulkan iritasi dan rasa gatal ditenggorokan sehingga menyebabkan batuk. Sedangkan menurut wikipedia; Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernafasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi ditenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap dan sebagainya.
Gambar ilustrasi batuk
Hal ini merupakan sebuah hambatan bagi siapa saja sehinga aktivitas sehari-hari kurang maksimal, bahkan bisa berujung kegagalan.
Sebelum batuk yang anda derita berkepanjangan atau gak sembuh-sembuh alangkah baiknya lakukan pencegahan dini berikut tips mencegah batuk:
1. Gunakan masker penutup hidung bila anda hendak bepergian atau melakukan pekerjaan yang menimbulkan debu, misal bersih-bersih, bongkar atau lainnya.
2. Sering-seringlah minum air hangat bila tenggorokan terasa gatal, boleh teh hangat, jahe hangat atau minuman lain. Tapi jangan terlalu manis karena manis bisa menambah rasa gatal di tenggorokan. Cara meminumnya alirkan minuman hangat tersebut pada area tenggorokan yang gatal, jangan tunggu minuman tersebut dingin, kalau bisa hangat agak panas dikit, karena yang demikian dapat membunuh virus-virus yang bersarang.
3. Segera minum obat atau periksa ke dokter, mantri atau bedan terdekat agar secepatnya batuk dapat sembuh.
Jangan lupa istighfar dan berdo'a kepada Alloh SWT. agar selalu diberi kesehatan.
Demikian tips mencegah batuk ...
Semoga bermanfaat bagi shobat khoir ... aamiin.

No comments:

Post a Comment