Wednesday 26 November 2014

Asal Mula Dusun Gadung Kedua

Foto Makam Mbah Songgolo by Kang ono
Asal Mula Dusun Gadung mengalami dua periode, yaitu periode pertama masa Eyang Bejo Sodiman yang kami uraikan dalam Asal Mula Dusun Gadung Pertama, dan periode kedua masa Mbah Songgolo yang kami uraikan pada Asal Mula Dusun Gadung Kedua. Berikut ini Asal Mula Dusun Gadung Kedua:
Setelah peradaban masa Eyang Bejo Sodiman hilang dari gadung yang berawal meninggalnya Eyang Bejo Sodiman. Lambat laun pengikutnya berangsur meninggalkan Gadung, diantara mereka kembali ketanah kelahiran untuk menyebarkan agama Islam, juga ada yang mengembara untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak. Sehingga bumi Gadung yang telah dibuka untuk perkampungan kembali seperti hutan lagi.
Kemudian pada abad ke 17 sekitar pertengahan datanglah seorang pemuda bernama Songgolo (Mbah Songgolo). Konon beliau lahir di Padas yang kemudian menikah dengan gadis Dusun Ngompro tepatnya sebelah selatan sungai. Suatu hari pemuda Songgolo terlibat pencurian yang akhirnya tertangkap dan dihukum. Setelah hukuman selesai dijalani rupanya sang mertua tak mau menerima kembali kedatangannya. Mungkin karena malu ternyata menantunya seorang pencuri.
Kemudian pemuda Songgolo tak serta merta pulang ke tanah kelahirannya Padas, namun membuka hutan untuk menyongsong kehidupan yang baru. Setelah beliau berhasil membuka hutan, beliau mengajak istrinya untuk hidup bersama. Beliau juga mengajak saudaranya untuk meramaikan hutan yang telah dibukanya, yaitu Guno (Mbah Guno) dan Gomejo (Mbah Gomejo). Dari tiga orang inilah berkembang menurunkan keturunan yang menjadi penghuni Dusun Gadung hingga sekarang. Akan tetapi Mbah Guno tidak memiliki keturunan.
Untuk silsilah keturunan Mbah Songgolo belum kami dapatkan, sedangkan silsilah keturunan Mbah Gomejo sebagian adalah sebagai berikut:

Semoga Alloh SWT. menerima seluruh amal baiknya, diampuni semua dosanya, Amin.
Allohu ‘alam bisowab, hanya Alloh SWT. yang tahu kebenarannya, atas segala kekurangannya mohon maaf sebesar-besarnya, semoga Asal Mula Dusun Gadung Kedua ini dapat bermanfaat, amiin.

No comments:

Post a Comment